penataan ruang kantor

5 Rekomendasi Penataan Ruang Kantor yang Nyaman dan Efektif

August 5, 2024

Selain fasilitas kerja dan lingkungan yang baik, penataan ruang kantor ternyata juga dapat meningkatkan kinerja para karyawan. Oleh karena itu, ruang kantor perusahaan harus mencerminkan kejelasan sesuai dengan jenis industry yang dijalaninya.

Penataan ruang kantor yang nyaman dan efektif juga penting dalam hal kesejahteraan karyawan. Kantor yang ditata dengan sesuai dan baik dapat mengurangi rasa stres dan meningkatnya efisiensi pekerjaan.

Berikut ini All For Work akan memberikan lima rekomendasi penataan ruang kantor yang bisa membantu kalian mendapatkan lingkungan kerja yang optimal. Yuk baca sampai selesai artikelnya berikut ini.

 

1. Menggunakan Furniture Ergonomis

 

Kenyamanan adalah kunci pertama untuk menjaga produktivitas dalam bekerja. Kalian bisa memilih furniture kantor yang ergonomis, seperti kursi ergonomis yang mudah disesuaikan ketinggiannya, meja menjadi salah satu hal yang sama serta tambahin aksesoris untuk lebih baik. 

Furniture yang baik bisa membantu kalian mencegah masalah Kesehatan karena terlalu lama duduk, seperti nyeri bagian punggung serta leher akibat dari jam kerja yang panjang. Sediakan juga meja adjustable yang mudah diatur naik turun untuk postur kerja yang lebih sehat.

 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Ruang Kerja Minimalis yang Nyaman Terbaru 2024

 

2. Ciptakan Zona Relaksasi

 

Setidaknya setiap kantor perlu mempunyai area relaksasi, alesannya karena karyawan bisa istirahat sejenak untuk melepas stres. Zona ini bisa berupa seperti ruangan kecil dengan sofa yang nyaman atau bean bag.

Area relaksasi ini dapat menjadi tempat bagi karyawan untuk bersantai, berbincang-bincang, atau sekadar menikmati secangkir kopi. Memberikan ruang untuk relaksasi dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan.

 

3. Penataan Ruang Kantor Tanaman dan Warna

 

Hal ini memberikan dampak yang baik untuk produktivitas dan suasana hati. Tanaman dalam ruangan tidak hanya mempercantik, tetapi bisa meningkatkan efek ketenangan dan kualitas udara yang lebih segar.

Warna yang cerah seperti biru dan hijau mempengaruhi juga dalam meningkatkan kreativitas dan ketenangan, sementara warna-warna seperti kuning dapat memberikan energi positif.

 

4. Pencahayaan yang Baik

 

Penataan ruang kantor selanjutnya adalah memanfaatkan cahaya alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya alami dapat meningkatkan mood dan energi karyawan, seperti menempatkan meja kerja dekat dengan jendela atau menggunakan kaca transparan sebagai partisi untuk memaksimalkan masuknya cahaya.

Apabila pencahayaan dalam ruangan terbatas, gunakan pencahayaan buatan yang lembut dan merata untuk menghindari silau dan bayangan yang tidak diinginkan.

 

5. Tata Letak Terbuka

 

Telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, dan untuk alasan yang baik. Tata letak ini mendorong kolaborasi dan komunikasi antar karyawan. Dengan menghilangkan sekat-sekat besar dan menggunakan meja-meja panjang, karyawan dapat lebih mudah berinteraksi dan bekerja sama.

Namun, pastikan juga untuk menyediakan beberapa ruang privat atau bilik kecil bagi karyawan yang membutuhkan fokus yang lebih.

 

Nah, berikut itulah 5 Rekomendasi Penataan Ruang Kantor yang Nyaman dan Efektif yang bisa kalian jadikan sebagai referensi untuk kebutuhan set-up ruangan.

 

Untuk kalian yang ingin menemukan semua kebutuhan desain kantor minimalis, ruang kantor minimalis terpercaya dan sudah handal serta semua produk diatas, kalian bisa langsung menghubungi tim All For Work melalui Official WhatsApp di 081312202771.

 

Kalian juga bisa mengunjungi : Tokopedia, Shopee dan Official Website.

 

Offline Store All For Work

📍Jl Arjuna Utara. 10 Blok A Kavling 10, Grogol petamburan, Jakarta Barat 11470

 

Butuh vendor borongan untuk kebutuhan Set-up kantor? All For Work Project hadir dan siap membantu dari awal sampai tuntas sesuai kebutuhan, keinginan dan budget kalian.